salam 🙂 sedikit cerita tentang motor ABI mio J yang lampu headlampnya putus bro, ceritanya hari jum’at kmrn sehabis di pakai pulang istri kerja, lampu dekat si mio ini mati keesokan harinya giliran lampu jauh yang mati. 8 bulan pemakaian lampu depan udah mati ??? bukan bermaksud BC produk suatu pabrikan, tetapi sebagai rider yang sejak awal tidak suka kepada peraturan pemerintah “mAHO” (lampu ON terus) sontak secara otomatis dalam hati berkata inilah akibat peraturan yang sangat kontroversial itu 👿
bagi ABI rider yg awam masalah kelistrikan, perihal bola headlamp mati itu biasa (
imho) ABI umpamakan beli handpone ada yang sebulan rusak ada yang sampe setahun ga rusak2, anggap saja kebetulan ABI lagi sial dan apes, kembali ke inti permasalahan kebijakan pemerintah yang membuat peraturan itu yang bikin saya esmosi 👿 (sabar..sabar..) kebetulan si newblade sudah ABI antisipasi dengan cara lampu jauhnya ABI lepas soketnya jadi kalau pagi hari saklar ABI posisikan di lampu jauh, jadi lampunya mati cz soketnya sudah ABI lepas.
trus kenapa si mio J ga diantisipasi juga??? ABI sempat tanya ke mekanik bares yamaha waktu servis rutin untuk bisa mematikan lampu supaya tidak nyala trus jawab si mekanik : kalau d rubah2 kabelnya garansinya hilang mas…. okaylah jawaban yang sama waktu ketika ABI menyuruh mekanik honda untuk mematikan sistem “maho”di sepeda newblade ABI tp jawaban mekanik yamaha ini lebih frindly dan enak didengar daripada mekanik pabrikan sebelah, dan saya rasa ga perlu saya ceritakan bagaimana kata2 si mekanik pabrikan sebelah itu karna sudah tidak ada gunanya dan bikin tambah esmosi 👿 (sabar..sabar lagi..) judulnya mengganti lampu Mio J kok isinya curhat trus??? mohon maaf bro sekalian cz terbawa esmosi 😀
oke langsung ke inti cerita, sehabis cover kepala si Mio d lepas permasalahannnya ketauan lampu stenley 32 watt gosong, ABI cek soket dan skun2nya aman ga ada yg mencurigakan, browsing2 d internet banyak yg ngasih recom merk Philips dan Osram tapi setelah keliling2 d bengkel dekat rumah ABI ga dapat yg merk Philips dan Osram yang ada merk AUTOVISION APECER 12 volt 36 watt, ya udah daripada besok istri kerja lampunya masih mati malah repot, oh ya bro ABI memilih lampu halogen Apacer ini yang berwarna putih kebiruan selain lebih terang daripada yang kuning juga lebih eye cathing bro 🙂 sebenarnya kalau pengalaman riding kalau berpapasan dengan pengguna lampu putih dari arah berlawanan membuat pandangan ABI agak silau tapi, di coba dulu aja ah 😀
hasilnya menurut ABI lebih terang dari lampu bawaan Mio bro dan lumayan fokus cahayanya , barangkali bro sekalian juga pernah mengalami hal serupa silahkan ditambahi tulisan dari blog newbie ini, mohon maaf jika ada pihak yang tersinggung, inti tulisan ini hanya ungkapan rasa tidak setuju saya kepada sistem “MAHO” yang sangat sangat Waoaw
- Yamaha MT-25 Facelift 2017, 3 Warna Baru
- Louncing Honda All New CBR250RR di Surabaya (Gallery)
- Galerry Mini Hunting Feat Alpharian Sby
- salam perpisahan jorge lorenzo to Yamaha 😦
- Mini Hunting Road to GATHERING 4th Alpharian Surabaya (Part2)
- Mini Hunting Road to GATHERING 4th Alpharian Surabaya (Part1)
- Jembatan kejeran Baru “wisata baru di surabaya”
- Bale Santai Honda Jatim 2016
- Zagoan Super Yamaha Mio Z Resmi Diluncurkan
- Mbah Sadiman (Pahlawan Penghijauan Dari Wonogiri)
moga2 lebih awet ya….
semoga aja mas 🙂
enakan lmpu double kayak blade atau jupiter mas kalo lampunya mati 1 masih ada yg stu lagi, jdi kayak bajak laut 😛
hehe ada2 aja, ngomong2 bro kenthoet pernah nggak ngalami hal serupa d bengkel???trus kl pernah solusinya gmn yg baik dan benar biar lampunya ga ‘maho’ 😀
Derita pengguna “motor yang udah AHO / SOLO” 😳
iya bro anggap aja pas lg sial 🙂
That’s really thinking at an impsersive level
aku juga pakai lampu apex3r di soul GT, pake yg blue diamond….keren juga. 😀
Lampunya emang mati, atau emang modif sendiri bro??
Aku punya masalah yang persis ma agan nih, kmrn lampu deket ane mati, trus tiba2 lampu jauh ane juga mati sehari berikutnya. Ane coba ganti lampu halogen yang 5ribuan&lampu biasa yang 4ribuan malah lampu jauhnya aja yang nyala, ni aja udah mati lagi :capedeh
Btw setelah ganti pake lampu tersebut gimana gan, apakah masih ada masalah?
kalo gak ada masalah ane ganti aja pake lampu yang kek gitu 😀
sampai sejauh ini pemakaian udah sebulan masih lancar gan, lampu masih nyala dan reflector msh aman tidak ada tanda2 meleleh, saran saya mending agan ganti lampu yg philips atau Osram karena info dari kawan2 bloger biasanya umur nya lebih panjang dari yang biasa (10rban), kedua kaca reflector relatif lebih aman ga gampang buram ato meleleh, smg bermanfaat 🙂
Barusan ane bongkar lagi gan, masih pake yang 4ribu, tapi belon ane coba buat jalan, Iya nanti mo beli yang philips/osram ajah coba gan, biar lebih awet.
Thanks sharenya gan 😀
silahkan d coba gan, trima kasih sudah mampir 😀
Btw motor ane Soul GT gan 😀
bener banget tu mas bro… mio J ane baru 9bln dah ganti lampu 3x… buset dah… yg pertama bawaan pabrik kuat 3bln doang, kedua ane beliin halogen cuman tahan 2 bulan…buset tu peraturan MahO bikin esmosi aja… akhirnya ane punya ide mas bro… ane beliin lampu halogen lg..tp ane panjer terus tu lampu jauhnya…(tapi lampu ane atur agak kebawah… kasian yg dari depan bro…) seperti lampu ke 2 ni lampu cuman tahan 3bln.. alhasil lampu ane tinggal jarak dekat bro… nha ini manfaatnya bro… untuk siang hari ane set saklarnya ke lampu jauh,,, jadi kan lampu tetep mati bro..lampu deket untuk malem hari.. hehehe lumayan kan,,,
untuk masalah razia polisi untuk wajib nyalain lampu siang hari ga ane pikir bro… (secara tekhnology mAHO ga mungkin bikin yg punya motor lupa nyalain lampu… coz lampu pasti langsung nyala klo mesin hidup) tinggal pinter2nya kita aja ngelez klo ada razia… bilang aja ga tau klo lampunya mati coz tdi lampunya masih nyala… mati di jalan paling pak>>> hahahah tu aja bro crita dari ane…
haha lucu jg cerita masbro 😀
aq jg ada tambahan cerita dari istri ane masbro, setelah lampu mio J aku ganti halogen, 3 bulan pemakaian lampu dekat mati, jd yg masih nyala lampu jauh, ceritanya hampir sama masbro bono, cm ane kebalikan dari masbro, kl pagi posisi saklar d lampu dekat (kondisi lampu mati), kl malam saklar d posisi high lamp (kondisi lampu menyala), ceritanya pas si mio J (kondisi lampu mati) d pake pulang kerja sm istri, pas sampai di pertigaan lampu merah, si Mio di liatin aje sm si bapak polisi, berhubung istri ane belum punya SIM jadi salah tingkah ketakutan, Bapak Polisi mendekati Si MIO J istri ane trus lgsg memindah saklar Si MIO dari lampu dekat ke lampu jauh sambil berkata ” WAH SAMA SEPERTI MIO J ANAK SAYA MBAK, LAMPU NYA juga MATI ” istri ane bingung bercampur ketakutan di pikir mau Nilang cuma bisa nyengir ga bisa ngomong apa2 😯
terima kasih bro bono atas share nya 😉 😀
bikin silau gak itu warna putihnya ? 😀
imho kl pake lampu dekat sih ga silau A’, tp kl pake lampu jauh ya silau2 dikit 😀
Ganti switch-nya gan, pake yang mio lama, kalo gak salah 60 rb an….
Motor Mio GT ane juga gitu gan… 😀
bisa ya .. wah bisa d coba tuh, makasih infonya masbro 😀
Weeeee, what a quick and easy soonuilt.
pake lampu nyala putih emang bikin silau… soalnya klo siang ane panjer dilampu jauh…. 😀
silau- silau deh… wong di suruh pak pol nyalain lampu siang hari… (emang kurang terang klo siang hari…) sebenarnya ane mrasa berdosa nyalain lampu siang-siang bolong gini… ntar di kira ga percaya ama tuhan… dah di bikinin matahari buat nerangin dunia… masih juga mau nyaingi pake lampu motor… hahahah… peraturan yg ga bermutu blas….menurut ane…
lama2 bisa ada peraturan klo jalan posisi standart harus pada posisi stand by… wkkwkwwk
wkwkwkwk
😀
philips ane udah 1 tahun lebih gan masih terang seperti waktu dibeli.
boleh dicoba nih, makasih infonya gan…
emang lampu bawaan gak awet tp setelah ganti lancar…..terus…….terang…….terus…..tp kok klu pakai sein lampu depan agak redup bgm solusinya
ow gitu ya masbro,smg aja lampu mioj terus terang 😆 kl lampu depan agak redup kemungkinan akinya agak drop masbro coba aja di charge akinya 🙂
buat lampu nya on terus coba pake sklar mio gan 😀
semoga membantu
makasih tambahan infonya bro raehan 😀
kalo ane saranin lampu nya pake osram all season super cahayanya terang. soalnya ane juga pernah pake autovision apexer karna wattnya 36 cepet kebakar juga. soalnya watt normal mio 35/35 kecuali di ganti hid bi xenon bisa kuat tanpa ganti aki
kmrn waktu mau beli rencananya jg beli yg osram tapi d tmpt ane lg ga ada , makasih infonya bro aldo 🙂
derita mio J…ane stlah 6 bulan km 3017 lmpu jrk dekat juga udah koid….hahaha parah bener AHO itu khusus Motor aja ya?
kl motor thn 2012 keatas sudah aho semua mazbro 🙂
motor ane nex fi,ane jga pke autovision tapi yg 25 watt, ane pngen ganti yg 35 watt tapi pengaruh gak ke ecm nya? soalnya standarnya 32 watt,
ane rasa selisih cuma sedikit ga pengaruh mazbro 🙂
kabel lampu deket di pasang sakelar aja mazbro, kabel yg warna ijo. di lepas, dan di tambah kabel lg yg ke sakelar. jd gak ada kabel yg di potong, biaya jg ringan. cuma 5rb aja, buat beli sekun, kabel secukupnya, dan sakelar. semoga membantu mazbro.
Makasih infonya mazbro,ni lg mudik liburan,bsk pas balik bs d cobanih 😀
komen perdana 😀
motorku 3bln bohlamnya tewas dua2nya 😦
sementara pake 25w/25w ori vario ,lagi proses bikin headlamp pake led high wattage
Aq skrg jg pake bohlamp ori merk honda sampe skrg alhamdulillah msh sehat,modif kelistrikan mas ekomoker ahlinya nih 😀
G6 da lampu transfomer buat mio j
Kalo pake lampu yang putih apa g di samperin pak po, kan standarnya lampu yg kuning
Maaf mas, mengganggu waktu
Saya ada masalah ni sama mio j, tadi siang saya beli lampu led M 3c setelah saya pasang seperti standarnya kok ngak nyala gitu, kenapa ya bos
Mohon infonya bos
Maaf mas mengganggu
Saya ada masalah ni, tadi siang saya beli lampu led M 3c setelah sya pasang kok ngak nyala lampu nya, kenapa ya bos,
mohon info nya bos
coba di cek lilitan pijarnya mungkin putus mas
usahakan mencari daya yg sesuai dg kondisi standar…apalagi untuk osram kalo g sesuai bisa memberi panas berlebih pada reflektor hingga meleleh.#just info
wah bener nih…makasih infonya kang uzi 🙂
sami2 kang abdoe
solusi pasang saklar
mau bikin silau apa tidak …yg pnting ada lampunya. jd klo jln malam gk kegelapan .
gan ko mio gt saya dipakein osram 36 watt reflektornya malah pecah2 ya?
kalau mio j agan aman reflektornya pake autovision yg 36 watt??
sampai sekarang masih aman gan reflektor di mio saya,
Update :sorry ada yg ketinggalan gan…mio saya 2 tahun terakhir sudah terpasang saklar mio lama, jd lampu tidak nyala terus 🙂
gan saya udah ganti sama autovision apexer yang 25 watt diamond blue,tapi kok cahayanya putih kekuning2an ya?apakah kalau yg agan yg 36 watt itu full putih kaya led atau sama seperti saya putih kekuning2an?maaf gan banyak tanya hehehe
mungkin terlalu panas gan.
soalnya mio J ane juga pernah make. tp bukan reflektornya yg pecah2… tapi kaca mikanya yg ga kuat. kaca mika ane jadi benjol… terpaksa ganti mika sama lampu yg standart aja…sekalian ane beliin tombol stater punya mio yg lama… yang ada saklarnya… 😀
betul gan punya ane 2 th terakhir jg terpasang saklar mio lama, jadi kl siang lampu bisa dimatikan 🙂
gan saya udah ganti sama autovision apexer yang 25 watt diamond blue,tapi kok cahayanya putih kekuning2an ya?apakah kalau yg agan yg 36 watt itu full putih kaya led atau sama seperti saya putih kekuning2an?maaf gan banyak tanya hehehe
kalo saran ane seh mending pake lampu yang biasa aja gan… menurut ane lebih terang dari segi pandang kita(pengemudi) dibanding sama lampu yg nyala putih. cuma terang dari yang berlawanan arah..kasian yg berlawanan….SILAU MEEEN (pengalaman ane sendiri… 😀 ) jujur ane paling kesel kalo ketemu motor matic HONDRA yg pake lampu kota LED…(apa yang ada dibenak pabrikan saat menerapkan ini ya TUHAN)
saran ane pake yg standart2 aja gan…. CMIIW
siap gannn,makasihh sarannyaa
betul mas …saya juga sependapat…..lampu led nyalanya lebih terang…tp agak silau kl berpapasan dr lawan arah utamanya motor sport honda, yang honda matic tidak seberapa…
btw thanks sharingnya mas ahmad 🙂
Wah Mio J ane 3 tahun gak pernah ganti lampu depan tuh bro, beli 2014 dan bulan ini baru aja perpanjang STNK 3 tahun blm mati2 lampu nya. Mungkin generasi yg terbaru mio udah lebih baik lampunya buat akomodir peraturan pemerintah.