Tips Mudik Aman dan Nyaman Bermotor

20120816_Mudik_Motor_di_Jalan_Wates_2894

Mudik menggunakan motor masih menjadi pilihan utama masyarakat. Alat tranportasi roda dua ini dianggap efektif dan efisien menuju kampung halaman. Selain bisa menghemat biaya, motor juga dipercaya bisa lebih cepat sampai tujuan karena kemampuannya bisa meliuk-liuk di tengah kemacetan.

Namun, persiapan kendaraan maupun kondisi tubuh mutlak diperlukan agar perjalanan lancar dan tidak mengalami masalah. Guna memperlancar perjalanan,  diperlukan persiapan khusus agar kita bisa menikmati setiap langkah menuju tujuan, berikut beberapa tips Mudik Aman dan Nyaman Pakai Motor :

  •  Sebelum berangkat, hilangkan sifat-sifat yang dapat mengganggu perjalanan Anda, seperti sifat agresif, stress akibat pekerjaan, ataupun masalah-masalah lainnya. Bila suasana kita tenang, santai dan rileks, perjalanan menjadi lebih menyenangkan.
  • Pastikan kondisi tubuh kita dalam keadaan yang benar-benar bugar. Tunda perjalanan mudik, bila fisik kita tidak dalam keadaan fit. Kondisi yang sehat dapat membantu Anda berkonsentrasi selama berkendara sehingga dapat bereaksi dengan cepat bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  •  Gunakan perlengkapan standar berkendara untuk keselamatan Anda seperti helm SNI, sarung tangan, body protector, pengaman lutut, pakaian yang dapat menyerap keringat, jaket, hingga sepatu yang nyaman serta jas hujan. Siapkan juga obat-obatan P3K dan vitamin untuk menunjang kesehatan Anda.
  • Rencanakan rute mudik dengan matang. Lihatlah  peta mudik agar Anda tidak tersesat yang bisa memperpanjang dan membuang waktu Anda.
  • Pengecekan kemudian dilakukan pada sepeda motor Anda. Pemerik-saan wajib dilakukan dengan mela-kukan tune-up agar kondisinya da lam keadaan prima. Termasuk pe nyetelan rantai, pembersihan karburator, hingga kondisi air accu, ban, rem, lampu, oli mesin, dan bensin.
  • Nyalakan lampu depan motor meski  dalam keadaan siang hari agar bisa dilihat mobil atau motor di depan Anda. Saat Anda sudah berada di jalan, patuhi rambu-rambu lalu lintas dan tetaplah waspada melihat kondisi di depan seperti permukaan yang licin, genangan air, lubang, dan berkendaralah dengan posisi yang nyaman.
  • Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda. Idealnya posisi Anda berjarak lima detik dengan kendaraan di depan atau setidaknya berjarak tiga detik sesuai kecepatan motor Anda. Hal ini untuk memberikan kesempatan lebih banyak untuk Anda bereaksi lebih cepat dan lebih baik.
  • Jangan melakukan pengereman mendadak karena dikhawatirkan kendaraan di belakang Anda kurang bereaksi dengan cepat sehingga bisa menimbulkan tabrakan beruntun. Bila kondisi jalan basah dan licin, hindari menggunakan rem belakang karena akan membuat motor slip dan terjatuh.
  • Saat berkendara pada malam hari, Anda harus meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Kurangi kecepatan jika pandangan ke depan hanya terbatas. Jika lampu utama mati gunakan lampu sein untuk memberitahu kendaraan dibelakang Anda dan ikuti lampu mobil di depan sebagai petunjuk.
  • Bila Anda membawa penumpang, beban kendaraan tentu menjadi lebih berat, sehingga hindari mengebut dan rem mendadak. Beban lebih berat juga akan menambah jarak pengereman dan jangan membuka gas secara mendadak untuk menghindari ketidaksiapan penumpang yang bisa mengakibatkan penumpang terpental.
  • Jangan paksakan mengemudi secara terus-menerus tanpa berhenti. Maksimal pengemudi berkendara selama 4 jam dan setelah itu harus istirahat. Tubuh manusia memiliki batas sehingga Anda perlu memperhatikannya.
  • Sepanjang rute mudik sendiri sudah tersedia Posko Mudik yang disediakan instansi pemerintah yang tersebar di mana-mana. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk mengembalikan kondisi tubuh dengan beristirahat atau makan dan minum. Sambil Anda meluruskan kaki dan bersantai, lakukan pengecekan kembali motor Anda atau kalau perlu ganti oli dan mengganti komponen lain yang sudah aus.

Semoga mudik brosis selamat sampai tujuan 🙂

 

 

sumber Dinas Perhubungandan LLAJ Provinsi JawaTimur”

Iklan

7 comments

Tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s