Si Kaze R 04′

Salam…

Buka2 file di komputer ketemu foto motor saya dahulu yang sangat amat bersejarah bagi ABI, terutama pada saat masa2 sulit 😦  waktu jaman ABI masih kuliah, putus kuliah, pengangguran, kuliah sambil kerja, wes2 nostalgila yangΒ Terlalu manis untuk dilupakan… berikut penampakan jaran wesi yang paling terkenang dalam semasa hidup ABI πŸ˜€

( kawasaki Kaze R 04′ )

Yup kawasaki Kaze R red 04′ , motor ini dulu belinya second di showroom daerah sidoarjo thn 2005. awalnya ortu ABI mau kredit supra waktu itu, tp krn ga di approve sama leasingnya dengan alasan bla2, akhirnya dengan sangat darurat karna untuk kebutuhan riwa riwi, waktu itu d rumah belum ada motor, si kaze merah ini dipakai orang serumah ABI (motor umum) memang adanya cuma si merah ini,Β jadi harap maklum bodynya banyak luka bekas perang πŸ˜€

berikut kelebihan Si kaze menurut ABI selama pemakaian kurun waktu 2005 – 2011 :

  • Handling paling ABI suka, mantap ga gampang goyah apalagi untuk dibuat perjalanan jauhΒ  jooss πŸ™‚
  • Dudukan seat lebar dan empuk, ga bikin b*kong panas πŸ™‚
  • Shock belakang terasa nyaman bin empuk πŸ™‚
  • Suara knalpotnya bro mantap buat bleyer para alay seruntulan πŸ™‚
  • Model 2 bola lampu di kepala depan, knalpot yg khas sampai2 pabrikan yg lain ikutan buat model serupa πŸ™‚
  • Batok depan tidak ada fitur getar atau bunyi meskipun baut pengikat bnyk yg lepas πŸ™‚

kekurangan si Kaze menurut ABI :

  • Part Onderdilnya mahal bgt, (tp sesuai dg kwalitasnya bro) ono rego ono rupo
  • untuk buat kota2 atau jalanan macet kurang nyaman, cz tarikan awal agak berat, tp kl kondisi jalanan sepi josssss.
  • BBM boros untuk ukuran kantong ABI saat itu 😦

riwayat history si kaze merah yang paling sulit ABI lupakan salah satunya :

  • Si merah pernah menginap di polsek taman sidoarjo selama kurang lebih seminggu, ceritanya si merah di pinjam teman ABI waktu itu pukul 10 malam, krn ga ngomong buat apa ABI pinjami tanpa STNK setelah ABI tunggu sampai pukul 00.00 WIB kok ga pulang si merah, ga taunya teman ABI kena operasi polisi didaerah Taman sepanjang kesalahannnya tidak bisa memunjukkan SIM,STNK parahnya lagi membawa miras. alhasil pengendara dan motornya harus menginap di polsek taman sepanjang. dan selama seminggu itu juga setiap hari ABI di ceramahi ibu ABI, maklum motor itu satu2nya jadi ga bs kemana-mana 😦
  • Dulu si Kaze merah sempat punya penyakit aneh, yaitu gejala sering mogok. ceritanya gini kl sikaze mogok, ABI cek pengapian bagus, bensin keluar, tapi kl di buat jalan setiap jarak 5 km trus mati, tunggu 5 menit nyala lagi, kadang sampai 10 km trus mati, dan yang bikin sebalnya lagi sudah 3 bengkel (bkn beres) ga bisa mecahin masalah, setiap begkel ABI ceritain kronologis mogoknya tp smuanya sama, dengerinnya asal2an lgsg di point kuras tangki trus tune up, 3 bengkel nguras tangki smua dan di tuneup biasa setelahnya, anehnya sehabis di servis ga mogok, tp besoknya mogok lagi. akhirnya ABI mulai putus asa, mau ABI bawa ke bengkel resmi Kawasaki rasa pesimis muncul duluan, paling2 sama aja kaya bengkel2 lain ga bisa nyelesain masalah, akhirnya suatu malam, Si Kaze ABI Pereteli dhewe, sambil gerundel teringat mekanik2 sontoloyo yg kerjanya ga profesional kmrn πŸ‘Ώ dan secara ga sengaja pas buka tutup tangki, bensinnya keluarnya lancar, kl tutup tangkinya di pasang bensin keluar 5 detik trus berhenti. wah rasa senang gak karuan bro πŸ˜€ penyakitnya ketauan yup Tutup tangki bermasalah alias buntu akibatnya sirkulasi udara tidak lancar bensin tidak turun ke karburator. setelah ketauan penyakitnya dalam hati wah besok aja beli tutup tangki di bares, kemudian muncul ide lagi ” kalau rusak trus di ganti yang baru siapa yang tidak bisa??? orang lain jg bs kl gitu πŸ™‚Β  akhirnya teringat jaman ABI waktu magang di bengkel AUTO 2000 sby, dulu pernah ada masalah tutup radiator mobil kl rusak di rebus sampai mendidih sekian menit, lha ini kan ga jauh beda pikir ABI, coba aja siapa tau bisa, tutup tangki ABI rebus sampai mendidih trus ABI keringkan sampai kering trus tancapkan di tangki. dan kran bensin di buka, 10 detik 20 detik 30 detik bensin keluar dengan lancar bro, masalah selesai. langsung teringat omongan Cak Valentino Rossi : yang paling mengenal motor adalah ridernyaΒ  bukan komputer atau mekanikwalah dalah pancen mboten salah kalau Cak Valentino dapat gelar ” The Doctor ”Β 

Tahun 2011 Si keze merah dengan berat hati ABI jual untuk modal nikah 😦  meskipun sekarang ABI menunggangi New Blade dan Mio J, si kaze R tetap motor yang paling, paling dan paling Waow hehehe

sebenarnya masih banyak cerita tentang sikaze merah ini bro, tp mngkin next time aja cz jari2 mulai merasakan gejala linu2 kecapekan πŸ˜€

41 comments

  1. bener gan, ane di rumah jga ad kaze hitam 98 pnya e bpak ane. dulu nya bapak ane yang ngajarin kalo mau ngidupin msin si kaze pke kick starter harus lembut n tenang, tapi sekarang, mtor nya ane pake skola tiap hari, jdi lbih tau karakter si kaze…….
    Lha wong sekarang aja, ane 1 kali nge slah(istilah ngidupin msin pke kick starter) mesin udah hidup, sdang bpak ane harus 3 atow 4 kali nge slah…..
    Krna tiap hari ane pake, rsa nya uda menyatu banget gan ama tuh motor, apalagi knalpot nya ane pasangin NOBI 3Bold Free Flow, makin cihui rasa nya gan …………..

    1. wah kaze 98 πŸ˜€ memang kaze motornya awet tahan banting masbro….kl pemakai kaze pasti sudah tahu kelebihannya, iya bro kickstaternya salah satu fitur yg ABI suka, cz ga smua org bisa ngengkol πŸ˜€ hanya orang2 tertentu yg bisa. biasanya cm ridernya yg lancar ngidupin pake kickstater :mrgreen:

  2. bener banget, hanya orang beriman πŸ˜€ .
    tpi bulan kmaren sempat rusak mesin2 nya, coz filternya ane buka, trus kmasukan aer…
    hehehe, langsung masok bengkel………….

  3. Waah…gambarnya mirip banget sama motor ane sekarang itu,,,,ane pake tahun 2002 warna merah juga.
    walau dirumah ada mio dan kaze,,,tapi ane lebih pilih kaze,,biar bini ane yg pake mio…
    Stop and go emang rada lelet,,,tapi ini motor lebih stabil brur….gak gampang capek…
    bandelnya jauh dibanding motor jaman sekarang,,,,ane pernah paking oli rembes,,,pas genti oli oli bekasnya sisa setengah gelas doang,,,tapi gak ada gejala rusak apapun….
    sadis…..

  4. wah salut bro ginanjar…kazenya masih dipakai πŸ™‚ jadi teringat kazeku yg sudah terjual untuk modal maried 😦 aku sekarang pakai nublade tapi kl disruh milih aku pasti mantab milih kaze bro… mantabh tahan banting buat jarak jauh joss :mrgreen:

    1. Wakaka…..
      Om Maggi berarti kebalikannya ane….
      Klo ane,,,mulai kenalan ini motor justru setelah nikah….
      Sebelum nikah sih ane pake bebek yang maha…
      karena mepet butuh dana tambahan merit,,,supra dijual,,,
      ada sisa dana 2 juta dapet kaze yang dijual 2.7 juta (Jakarta Timur)…
      lumayan lah cuma tambah 700 ribu saja…
      (asumsi waktu itu : asal punya motor buat transportasi kerja)
      Hmm…bener kata orang2….
      pake dulu kazenya,,,baru komentar….
      ohya,,,secara pribadi ane juga memang tipe orang yang gak suka barang yang pasaran….
      semakin langka semakin unik dan semakin ada seninya..
      Beda loh ketemu papasan sama sesama revo atau sesama vega dengan papasan sama sesama rider Kaze…

      1. wah malah jadi kangen sm kazeku dulu bro ….
        ceritanya kok bisa mirip ya πŸ™‚ kl kazeku aku jual uangnya buat modal merrid trus ambil motor lagi dengan cara kredit, sama bro aku juga orangnya ga suka sm yg pasaran, kl ga ada yg nyamain serasa gmn gt, mknya kmrn wkt ambll nublade aku pilih yg putih hijau, cz yg repsol sudah bnyk bgt d tmptku πŸ˜€
        satu lagi kelebihan kl aku bandingkan dg bebek yg baru, dulu kl kmn2 parkir selalu tenang ga takut hilang, cz malingnya pst kesulitan stater engkolnya :mrgreen: skrg pake nublade kl parkir pikiran was2 ga tenang…. kaze red i miss U πŸ™‚

  5. Ha..ha..ha…
    bulan kemarin didaerah ane lagi heboh banyak kemalingan motor,,sampe erte kasih edaran supaya lebih hati-hati dan klo motor lebih baik dimasupin kedalem rumah….
    cuman ane si pemilik kaze sama pemilik vespa aja yang gak dapet edaran…

    1. hahaha….bener2 kocak masbro, tp emang beneran, ada cerita lg dulu pernah hpku hilang, sambil bingung mikirin hp hilang aku beli nasi goreng bw kaze trs pulangnya jalan kaki, si kaze lupa aq tinggal di pejual nasi goreng itu jam 9 mlm, ga sadar kl si kaze msh di langganan penjual nasgor, mlm2 sktr jam 12 penjual nasgor mau pulang mampir ditmptku kerja sambil bilang “mas motornya ketinggalan di depan warung saya” wah kaget bukan kepalang, aq tadi pulang ga terasa kalau si kaze msh disana, gara2 mikirain hp yg hillang πŸ˜€

  6. paling berkesan dngan motor kaze ini Shockbekernya empuk tpi gak mental-mentul, stabilnya gak ada duanya.

    motor bebek semantab motor tangki πŸ˜€

  7. wuiihh..ketemu para rider kawak kaze…
    Just share..ane pake kaze r dr 2005 (beli baru keluaran terakhir) ampe skrg..blom prnh turun mesin..rutin ganti olie ajah…
    Handling masih mantaf..ane rawat tetep ori..sapa tau 20thn kedpn jd antikkk..

  8. KAZE R the best motor dah pokok’y ….., sJimmy (KAZE ane) th97 ampe sekarang masih teruji mesin’y walau sering ane pake touring terus gandeng motor th 2000an ke atas ….,

  9. ak mau nanya nih ak pnya kaze 2002 klo udh lari knpa klo gas nya diturunin mati gk mau nyala lagii ak tanya bngkel cdi nya rsak kta nya

    1. Salam kaze. Aku punya motor kaze tahun 2000. Tadi nya mau aku jual tapi gak jadi karena banyak kenangan bersama motor kaze hehe.. Akhirnya aku modif dan upgrade mesin jadi racing harian. Motor kaze sekarang udah jarang di jalan menjadi kan motor ini unik dan special. Kira nya ada club kaze pasti aku ikut hehe….senang bisa ketemu sesama pemotor kaze. Salam kenal ya.

      1. Salam kenal juga bro kazer…wah seneng nih bs kenalan sesama penunggang kaze, iya sekarang motor kaze sangat jarang ketemu d jalanan, kl ktm lgsg aq buntutin apalagi kl kazenya terawat…salam kenal mas πŸ™‚

  10. Lag mw cari Kaze,ada yg bilang bebekk paling mantaaabbb bandhellnya nggak karrruaaannnn
    Pokoknya Kawasaki Kaze Jossss Gandoossss

  11. ya udah mas bro…motor kaze r ku bayarin aja nih….buat biaya nikah juga,,,,kaze r ku thn 2003 warna merah plat B …harga 4 juta deh..maaf mahal….hehehe….

  12. Salam kaze gan,…ane juga punya nih, malah tak pake in rem blkg pake cakram biar sangar,..cuman ga tau..motor ane klo pas lg jalan kenceng pindah gigi dar 4 ke 3 kaya mo matahin stang sekher,…klo ada yg tau apanya ya gan ? Coz dulu ga gitu ,…kemlencer

Tinggalkan pesan

